Press "Enter" to skip to content

Atasi Sampah, Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang, Luncurkan Program Sedekah Sampah

SEDEKAH SAMPAH 2
Pencanangan program sedekah sampah di Kota Tangerang.

TANGERANG, (B1) – Persoalan sampah selalu menjadi masalah klasik yang dihadapi kota – kota besar, tak terkecuali di Kota Tangerang. Guna mengatasi hal itu, Pemkot Tangerang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) membuat sejumlah terobosan, salah satunya yaitu dengan meluncurkan program sedekah sampah yang bertujuan untuk mengurangi sampah dari sumbernya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang, Engkos Zarkasih mengatakan bahwa program sedekah sampah ini melibatkan peran serta aktif masyarakat dalam upaya menjaga lingkungan di wilayahnya masing – masing. “Masyarakat nantinya akan memilah sampah, kemudian menyerahkan ke bank sampah yang sudah tersedia di wilayahnya masing-masing,” kata Engkos seraya berkata bahwa hasil dari menabung sampah itu kemudian bisa disumbangkan melalui Badan Amil Zakat Daerah (BAZDA).

Program yang tergolong baru ini kata Engkos mendapat respon cukup positif dari masyarakat. Pasalnya, Program Sedekah Sampah merupakan salah satu solusi pengelolaan sampah berbasis masyarakat melalui pendekatan kesehatan dan agama. “Kami berharap gerakan sosial yang bertujuan untuk mengurangi volume sampah di Kota Tangerang ini mampu menggerakkan kelompok-kelompok masyarakat dan juga individu untuk lebih peduli terhadap lingkungannya,” katanya.

Engkos Zarkasyih, Kadis LH Kota Tangerang.
Engkos Zarkasyih, Kadis LH Kota Tangerang.

Selain itu kata Engkos pihaknya juga kini sedang mensosialisasikan gerakan sedekah oksigen, yaitu dengan menggerakkan masyarakat untuk menanam pohon di rumahnya masing-masing. “Karena oksigen tidak bisa dihasilkan tanpa kita menanam pohon, jadi penanaman pohon ini harus menjadi kebutuhan masyarakat dan salah satu upaya menjaga lingkungan tetap asri,” tandasnya.

Kepala Bidang Pertamanan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang, Buce Granita mengatakan, program Sedekah Sampah memang terbilang baru, tapi hasilnya sangat luar biasa sekali. “Sampah rumah tangga atau yang biasa disebut sampah domestik ini bisa dipilah yang selanjutnya bisa disedahkan dimasing-masing wilayahnya,” kata Buce.

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan, melalui Gerakan Peduli Sampah masyarkat selain dapat membantu pengelolaan sampah di lingkungannya juga dapat beramal dengan menyumbangkan sampah yang dimilikinya ke BAZDA melalui Bank Sampah yang ada di sekitar rumahnya.

“Sebagaimana sedekah harta akan berpahala, begitu pun dengan sedekah sampah. Prosedur program ini cukup mudah, masyarakat hanya diminta untuk melakukan pemilahan sampah di rumahnya dan menyedekahkannya saat ke Bank Sampah untuk kemudian diberikan ke BAZDA,” ujar Walikota. (ADV).

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *