IMG-20170919-WA0022

SERANG, (B1) – Pihak Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Serang, lakukan aksi imunisasi Campak dan Rubella di wilayah Kota Serang. Hal itu dilakukan untuk membantu meringankan beban Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang dalam memberikan pelayanan imunisasi kepada ribuan anak di Kota Madani tersebut, Selasa, (19/9/17).

Kegiatan PMI Kota Serang bekerja sama dengan Dinkes Kota Serang tersebut akan melakukan aksinya di 6 kecamatan di kota serang. Berdasarkan pengakuan dari pihak PMI, tempat itu adalah wilayah yang selama ini belum teregristrasi atau terakomodir di Puskesmas, Posyiandu dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud).

“Tertanggal 1 sampai 30 Oktober 2017, Kami PMI Kota Serang akan bersama atau membantu Dinkes untuk menggiring masyarakat untuk vaksinasi campak dan rubella dari usia 9-15 tahun yang belum imunisasi,” kata Ketua PMI Kota Serang, Adde Rossi Khaerunisa menghadiri aksi imunisasi Campak dan Rubella di Yayasan Kesejahteraan Nasional (Yakenas), di lingkungan Cipare, Kota Serang.

Pihaknya menargetkan, 400 anak yang belum melakukan vaksinasi di sejumlah wilayah di Kota Serang untuk dilakukan imunisasi oleh PMI. Untuk mempercepat kerjanya, PMI Kota Serang, kata dia akan menyisir titik wilayah mana saja yang yang bpenduduknya belum diberikan imunisasi.

“Tapi ada kemungkinan apabila memang dipelukan tenaga tambahan dan data tambahan kita akan menyisir melalui ASR di 6 kecamatan yang ada,” lanjutnya.

Ditanya berapa jumlah yang belum imunisasi, Ade Rossi hanya mengatakan berapapun jumlahnya, pihaknya siap untuk memfasiilitasi kegiatan itu.

“Tadi kami menyuntik 61 anak yang di sini (Yakenas) dan ada juga masyarakat berdatangan saat on the sport. Selain di yayasan Besok di ciracas (rumah singgah) Lusa di walantaka semua di 6 kecamatan bakal disisir,” pungkasnya.

Sementara itu, pihak Dinkes Kota Serang mengaku sudah melakukan beberapa kali imunisasi di wilayah Kota Serang, hanya saja, untuk pelibatan PMI Kota Serang dan Dinas Sosial (Dinsos) pertama kali dilakukan. Menurutnya, sengaja kerjasama itu diupayakan karena Dinkes Kota Serang tidak mampu melakukan kegiatan imunisasi ‘door to door’ sehingga pihaknya memberikan tanggung jawab kepada pihak PMI Kota Serang.

Tahun 2017, Dinkes menargetrkan 192. 763 anak di Kota Serang bisa terimunisas sementara sejak Agustus sampai dengan pertengahan September tahun in, baru ada 145 ribu anak di Kota Serang.                       

“Targetnya 95 persen bisa tercapai, untuk anak yang akan diimunisasi adalah dia yang berusia 9 bulan sampai dengan 15 tahun,” kata pihak Dinkes Kota Serang, dr. Murni Diasfara. (Arai).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*