Press "Enter" to skip to content

Buruh PT Wira Paper Datangi Disnakertrans

Jpeg

TANGERANG KOTA (B1) – Ratusan buruh PT Wira Paper, mendatangi kantor Disnakertrans Kota Tangerang, Rabu, (27/1/2015). Kedatangan para buruh ingin meminta kejelasan dari Disnakertrans, terkait nasib mereka.

Ari Setiono, Wakil Ketua SBIK-GSBI PT Wira Paper mengatakan, perusahannya sudah tidak mendapat aliran listrik dari PLN sejak Desember 2014, lalu. Hal itu katanya ada indikasi pencurian listrik yang terjadi beberpa tahun sebelumnya.

“Bersamaan itulah, para buruh yang berjumlah sekitr 700 orang, tidak mendapatkan kepastian atas pekerjaannya. Bahkan upah buruh juga, belum terbayarkan,” tukasnya.

Kepada perusahaan yang bergerak di bidang industri kertas tersebut, mereka menuntut menyangkut tiga hal, yakni bayar hak buruh yang dirumahkan dan dipekerjakan kembali dan hapus status buruh kontrak menjadi buruh tetap.

“Sejatinya mutasi itu bisa dilakukan kalau memperbaiki konsisi kehidupan buruh. Tetapi mutasi di PT Wira Paper, bukan memperbaiki, malah memperburuk kondisi buruh. Semua ini, terjadi lantaran, perusahaan kami dicurigai mencuri listrik. Apakah karena keserakahan pengusaha lalu harus buruh yang menerima akibatnya,“ tegasnya.

Sementara, Amir selaku
Kepala Seksi (kasi) bagian pengawasan, pada Disnakertrans, Kota Tangerang mengatakan, selaku mediator, pihaknya akan kembali memanggil pengusaha. Hal itu lantaran pengusaha sampai kini, tidak mempunyai iktikad baik untuk hadir dalam mediasi pertama.

Malah pihaak pengusaha hanya mengirimkan security untuk mengawal kasus ini. Dan pada bulan Februari, mendatang, rencananya, beberapa buruh PT Wira Paper akan kembali kena PHK.

“Alasannya putus kontrak,” pungkasnya. (Fau Yhi).

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *